#ThePowerOfRetweetButton (Part 1)



"Cel, galau mulu. Ga capek?" Kata seorang teman di chat BBM saya. Saya bingung. Kenapa saya galau? Setelah diskusi panjang hingga larut. Si teman meminta saya untuk melihat isi timeline di Twitter. Dan jadilah saya mengerti apa maksud teman saya ini.

Saya tidak sedang galau ataupun berniat untuk mengutarakan hal yang biasa disebut "Kode". Saya sering mengoceh di sosial media, memang. Tapi kebanyakan semua ocehan saya tidak merujuk pada suatu makna yang jelas faedahnya. Duh, faedah. Saya sendiri bingung dengan apa yang saya tulis barusan.

Kemudian, saya menyadari bahwa salah satu hobby favorit saya adalah dengan men-tweet ulang dari tweet yang dibuat oleh beberapa pengguna lain (atau lebih dikenal dengan Retweet). Entah sebuah hobby atau kelakuan iseng belaka, saya juga tak tau pasti. Hingga saya melakukan analisis tentang #ThePowerOfRetweetButton. Saya menemukan beberapa indikasi atau bahkan diagnosa tentang retweet versi wanita dan pria. Tapi di postingan kali ini, kita akan bahas versi wanita dulu karna saya perempuan ya!


Mengapa Wanita Kerap memencet tombol Retweet?

1. Wanita sulit mengungkapkan.

Jadi wanita itu susah lho. Mengungkapkan apa yang dipikirkan rasanya mustahil tanpa sebuah resiko. Namun, dengan adanya beberapa akun yang mengoceh tentang apa yang wanita rasakan, pikirkan, atau ingin diungkapkan, wanita jadi merasa terbantu.

2. Wanita terlalu malas untuk mengoceh melalui tulisan.

Banyak yang beranggapan kalau wanita itu cerewet. Benar, wanita sangat cerewet. Saya juga cerewet. Tapi cerewetnya wanita itu biasanya beralasan dan seringnya "Gak Habis-Habis". Untuk cerewet melalui omongan saja sudah menguras energi, apalagi menulis di Twitter? Terkadang, baru buka Twitter saja, pikiran males muncul, tidak hanya itu bahkan tingkat emosi langsung meningkat. Akhirnya kabar baik untuk kita semua, Retweet Button sudah ada di Twitter. Jadilah wanita semakin cerewet dimana saja.

3. Numpang nimbrung.

Banyak hal yang sering menarik perhatian di jejaring sosial. Beberapa wanita memang mengerti betul tentang apa yang mereka tulis. Tapi tak jarang beberapa dari mereka hanya menulis hal-hal plesetan untuk nimbrung di topik tersebut. Sah memang. Karena jejaring sosial tentunya tak selalu dapat diajak serius. Beberapa yang beruntung bahkan bisa mendapat Retweet dari pengguna Twitter yang lain.

4. Biar eksis

Ini lain lagi! Banyak wanita yang kadang tidak tau akan menulis apa, tapi sering membuka Twitter. Alhasil, segala tweet dari followingnya di Retweet untuk membuktikan kalau mereka eksis. Jika menurut metode Eksistensialisme, seseorang dikatakan ada apabila di berpikir. Maka di Twitter, mereka dikatakan ada apabila mereka sering nge-Tweet.

5. KODE

Mungkin tidak cuma komputer atau blog saja yang butuh Kode. Manusia juga butuh Kode. Salah satunya adalah dengan me-Retweet akun-akun yang ocehannya merujuk pada sesuatu. Sebut saja si Artis Twitter Dwitasaridwita yang selalu mengoceh tentang "cinta", mereka yang tertarik lalu me-Retweet ocehan dari akun Dwita untuk sebuah senjata Kode rahasia.

Nah, itulah hasil analisa saya untuk #ThePowerOfRetweetButton tentang WANITA. Biasanya saya kurang peka soalnya belum dioles betadine. Buat anda yang mungkin lebih peka dari saya, boleh lho ngisi kotak komentar dibawah. Follow Twitter saya juga boleh, tapi hati-hati jangan follow hati ya. Fragile!

Salam,


dari aku yang "Kalo Kangen, Boleh Mention kok"

17 Responses so far.

  1. Ada lagi.... Salah pencet. Soalnya pengalaman lagi stalker si doi malah kepencet retweet wkwkwkwkwk sampek sekarang nyesel kalo stalk twitter doi lagi

  2. Unknown says:

    Wah ini nge-klaim wanita doang sih? gender banget nih :v
    Hahahaha

    but it almost happenned to me. #ohno
    Wkwkwkkw :D

  3. Cewek gue hobi banget nge-retweet. Ooh, ini toh alasannya. Hehehe. Kalo diinget-inget, bener juga sih. Dia kadang suka kode-kode gituuu. Trus yang di-retweet kebanyakan yang 'dia-banget' gitu.. Ah... wanita.

  4. Nomer 5 sih kayanya yang kebanyak jadi alesan cewe suka retweet haha

  5. Unknown says:

    Coba lain kali stalk ke akun ku, kalau kepencet pasti gak nyesel :)

  6. Unknown says:

    kan kita sesama wanita toh -_-

    Versi cowok akan meluncur sesaat lagi! Balas dendam hahahaa

  7. Unknown says:

    Cewek itu gampang, kalo gak ngerti dia ngomong apa ya stalking aja Retweet-annya. Cowok yang susah, udah susah dimengerti, update tweet pun jarang #eh

  8. Unknown says:

    Hahaha iya, Duh kamu peka banget sih :)

  9. Iyaaaa. Itu yang pertama banget tuh pasti. Temen gue gue tanya juga gitu. Hahaha.

  10. Unknown says:

    Lol. Bener ya? Bentar nih, gue bikin yang versi cowoknya juga nih :p

  11. ke retweet masuh wajar celoss, ke fav tweet doski itu luar biasa hahahah

  12. ke retweet masih wajar celoss, ke fav tweet doski itu luar biasa hahahah

  13. Bolehkah saya membenarkan ini? :")

  14. oh gitu, pantesan ya kode mulu, emang bikin rumit ya ternyata kalo cewek udah menyampaikan kode-kodenya :p *digampar cewek-cewek*

  15. Unknown says:

    Tinggal bilang, "tweet aja aku favoritin, apalagi kamu.." bahahahak

  16. Unknown says:

    Boleh dils. Buat dila apa sih yang enggak :" :# :* ({})

  17. Unknown says:

    Wah cewek itu rumit bro. Makanya kalo udah dapet kepercayaan cewek jangan dia siain :')