Cinta : Fase Saling Memahami

"This is us, against time and distances"

Matahari tak akan pernah mengerti
Tentang keindahan bulan di malam hari
atau sekedar taburan bintang yang ada di langit
saat awan masih terus beriring rapi
dan matahari..
bersembunyi...

Hingga tulisan ini di publish, saya masih gagap untuk menulis kenangan kencan kedua. Baiklah, sedikit saya berikan gambaran. Sekarang, saya berada di Reading Lights Cafe, dihadapan saya ada seporsi besar Kentang dan Sosis goreng serta beberapa buku bacaan mengenai Brand and Brandingnya McKinsey. Berpura-pura sibuk, sementara saya hanya berpikir bagaimana mengawali cerita ini.

Sebenarnya kencan kedua ini berlangsung dibulan September, hanya saja karena beberapa hal, keterlambatan untuk menulis tidak dapat dihindari. Bahkan saya sempat bertanya pada Hidari, "Apa yang bisa gue tulis di blog?" - ya karena beberapa hal yang sangat dipertimbangkan. Well, tiramissu cake saya baru saja datang. Terima kasih!


Dalam sebuah hubungan pasti ada pasang-surut, bukan? Pasti ada beberapa hal dari pasangan yang tidak disukai, entah itu pola pikirnya, entah itu cara komunikasinya, atau yang lainnya. Dari semua itu, apakah ada alasan untuk berhenti? Bukankah tujuan dari hubungan tersebut adalah untuk saling mengenal?

Dear you,
aku gak tau gimana caranya ngomongin bagian ini ke kamu. Banyak hal yang aku takut kejadian kalo salah-salah ngomong. Kadang, sering aku belom beres ngomong, kamunya bete. Begitu juga sebaliknya. Kalo ini adalah cara satu-satunya buat kamu bisa tau apa yang aku maksud, aku ceritain..

Beberapa hari sebelum pertemuan kedua, inget gak? Kita baru aja ribut. Ribut ringan sih, cuma gara-gara masalah sepele. Hal yang aku peduliin banget, rupanya gak dapet posisi sama di kamu. Aku kecewa? Enggak. Lebih tepatnya, aku mencoba memahami kalo gak semua yang aku seneng harus kamu seneng juga. Dan dari sana aku belajar banyak, untuk lebih sabar, lebih berpikiran jernih dan positif, untuk gak gampang tersinggung, untuk lebih peka sama semua kode kamu.

Tapi boleh gak aku dapet kesempatan yang sama? Bahkan sampai akhirnya kita ketemuan, aku bohong sama kamu. Bukannya aku gak ada kelas, maafin aku baby. Aku sengaja gak masuk kelas karena aku kangen kamu. Dan terlebih lagi karena kita baru aja ribut dan aku gak mau mood kamu jadi jelek karena nungguin aku presentasi. Aku gak bawa motor hari itu, motor dipake sama Vito. Aku naik angkot, langsung ke Baltos pengen ketemu kamu. Rasanya bete, kalo naik motor pasti lebih cepet nyampe ketimbang naik kendaraan umum gini.

Nyampe sana, aku nungguin kamu ditempat biasa. Dan kamu gak ada. Kesel sih, karena aku gak terlalu suka nunggu orang yang katanya udah nunggu duluan. Tapi aku ngerti kamu belum pernah muterin Baltos. Aku biasa aja. Perbedaan lainnya, baby. Ini gak ngurangin rasa aku ke kamu. Ketemu kamu, rasanya tuh pengen banget meluk kenceng. Kayak yang punya banyak hal buat diceritain. Punya banyak hal yang harus didiskusiin, tapi aku gak mau ngerusak momen kita baby.. Aku coba bersikap jadi Cello yang kamu kenal. Jadi Cello yang selalu random, gak bisa diem, banyak maunya, bawel, plin plan, buat apa? Buat gak ngerusak momen kita. Tapi lagi-lagi aku gak pengen kamu tiba-tiba bete baca post ini dan akhirnya gak ngelanjutin sampe akhir. Aku sayang kamu, sangat sayang kamu. Hal ini gak bisa ngurangin rasa sayang aku ke kamu. Rasa sayang yang aku perjuangin habis-habisan waktu aku denger semua cerita ka Deb tentang curhatan kamu dan perasaan kamu ke aku.

Siang itu kita makan di foodcourt. Kamu milih makan nasi goreng dan aku makan puyunghai. Aku bahkan masih inget waktu aku minta es nya dipisah dari teh manis. Baby, kamu tau gak. Sampai sekarang aku masih takut buat liat mata kamu, buat meratiin kamu, aku belum siap kalau-kalau suatu saat aku harus kehilangan kamu. Selalu mempersiapkan diri untuk hal terburuk, gak salah kan?

Walaupun selama makan ada mbak-mbak ngerokok enak dibelakang kamu, aku gak punya rasa pengen ngerokok lagi. Aku terus nyoba ninggalin semua itu biar jadi wanita yang kamu suka. Biar jadi wanita yang kamu idamin. Aku masih fokus ke kamu, apa yang harus aku lakuin buat bikin momen kali itu berjalan lancar. Keputusan aku buat kamu gak tinggal di tempat temen aku bukan karena tujuan spesifik yang you-know-what, kadang aku ngerasa gak enak aja kalo aku harus nginepin kamu di temen aku yang kamu belum kenal. Waktu itu kamu belum kenal sama temen-temen aku kan? Beres makan jalan-jalan, ngulur waktu. Kamu main game yang ngambil-ngambil boneka dan gagal. Baby, aku tau rasanya gagal. Kamu gak perlu se-kesel itu waktu gagal dapetin boneka. Gak semua hal dalam hidup harus berjalan lancar, baby.

Kita duduk di taman film. Jujur aja alasan aku milih tempat itu adalah karena gak terlalu ramai, gak terlalu berisik dan aku harap kita bisa ngobrol intens. Hal-hal yang jarang kita bahas, dan mungkin sengaja gak dibahas selama telponan atau textingan. Tapi kayaknya aku salah milih tempat, kamu malah asik sama komik yang aku pinjem dari temen dan aku gak tau harus mulai itu darimana. Seenggaknya aku pikir, aku masih punya kesempatan lagi. Kamu baru pulang hari Sabtu, kan?

Di tempat peristirahatan kamu, aku jujur pengen banget buka obrolan. Hal-hal yang aku rasa udah ditahan-tahan rasanya pengen diluapin. Tapi lagi-lagi aku gak mau ngerusak momen kita, aku selalu mikirin kamu. Aku tau kamu ga secuek aku, kamu terlalu sensitif dan peka sama diri kamu sendiri. Dan mood kamu pasti bakal hancur kalo aku bahas soal ini, saat itu. Akhirnya rencanapun teralih. Ke hal-hal yang bisa bikin aku lebih mengenal kamu. Maafin aku kalau aku masih belum bisa jadi kayak yang kamu pengen, baby. Aku bakal belajar. Kamu gak usah takut. Kamu gak sendirian jalanin hubungan ini.

Salah satu hal yang paling romantis buat aku adalah makan malam kita. Bukan karena tempatnya atau menu yang kita pesan, dari selera.. mungkin aku juga harus lebih banyak belajar biar bisa ngikutin maunya kamu. Tapi baby, ngeliatin kamu senyum ke aku, rasanya melting. Tatapan yang gak pernah aku dapet sebelumnya, aku sampe gak berani liat kamu dan aku salah tingkah. Kamu tau, aku bahkan mirip sama kepiting rebus yang kita makan.

Lalu kita nyari buku yang entah kenapa gak dijual, dan untungnya aku udah dapet ebooknya. Kita balik ke tempat peristirahatan kamu, aku udah cape banget. Tapi seneng sih, banget malah. Aku pengen diliatin kayak gitu tiap ketemu kamu hehe. Rasanya kayak bener-bener didunia cuma ada aku sama kamu, rasanya kayak bener-bener diperatiin, disayangin, dimanjain, kayak aku satu-satunya yang jadi pusat perhatian kamu. Aku bahagia banget baby. Aku bisa liat kamu ngelepas semua masalah kamu, ngelepas semua unek-unek kamu. Aku bahkan makin sayang kamu, di titik itu.

Malemnya, di perjalanan pulang. Hal yang belum aku ceritain ke kamu secara jelas. Aku pernah jalan di jalanan itu, tepat jam segitu, posisinya gerimis kecil, ditinggal, sambil nangis, semuanya kayak yang jelas. Maafin aku, aku trauma disana. Aku takut kalau nantinya harus kehilangan kamu. Klise memang, semua manusia gimanapun juga harus ngerasa kehilangan. Tapi kayak kamu yang hancur waktu kehilangan kumo, aku gak mau ada di posisi yang sama, apalagi untuk kehilangan kamu. Kamu inget? Aku ngorbanin perasaan yang aku pendam bertahun-tahun lamanya untuk cowok yang gak pernah liat gimana pengorbanan aku. Dan dengan kamu, aku udah putusin buat mulai segalanya dari awal dan ngelupain perasaan itu.

Trauma malam itu ntah kenapa bikin aku gak mau ketemu kamu paginya. Aku gak tidur semalaman, mikirin kamu, mikirin aku, mikirin semuanya. Sampai kamu bbm juga, aku tau. Aku milih sengaja ga dibaca, sampai akhirnya kamu nelpon aku. Kamu nyasar, aku takut banget. Apalagi waktu aku pikir kamu nyasar di daerah cipedes. Astaga aku langsung ganti baju buat ngejar kamu. Eh kamunya malah diujung jalan rumah aku. Tau gak? Tandanya kamu gak bakal jauh-jauh dari aku. Nyasar aja, masih dideket aku. Hehe.

Aku anter kamu ke tempat peristirahatan kamu. Aku baring bentar karena emang ngantuk banget semalaman gak bobo. Aku bisa liat raut wajah bersyukur dimuka kamu, baby. Aku jadi ga enak sama kelakuan aku yang terlalu kekanak-kanakan. Aku pengen banget langsung meluk kamu disana, tapi aku cape banget. Sampe akhirnya kamu beres makan, aku panggil kamu buat meluk aku. Itu bener-bener rasanya pengen lepasin semua. Aku pengen sama kamu, udah gitu aja. Tapi aku ga bisa kalau harus nahan-nahan segala unek-unek. Aku pengen kamu juga punya bahan buat intropeksi, tanpa tersinggung. Lagi-lagi, aku takut bikin kamu bete. Atau ga seneng sama omongan aku.

Beres dari sana, kita sarapan sama temen-temen aku. Aku sengaja kenalin kamu ke mereka biar kamunya gak canggung kalau ngobrol ke temen aku. Tau gak baby, aku pengen banget loh dikenalin ke temen kamu. Kayak aku ngenalin kamu ke temen aku :) Terus kita maen di floating market, gak ada yang terlalu penting disana. Selain, nganterin kamu pulang ke Cibinong.

Selalu pengen nangis rasanya kalau kamu harus pulang. Aku selalu ngerasa kurang dan pengen waktu yang lebih banyak lagi buat sama kamu. Tapi kamu harus kerja kan. Kamu harus kerja yang baik buat masa depan kamu, buat semua impian kamu, dan semoga ada bagian aku dalam rencana masa depan kamu. Aku selalu kuat-kuatin setiap mau nganter kamu balik ke terminal. Jujur aja aku capek, jam bobo cuma dikit, pengennya langsung gelepar tidur, tapi aku gak mau ngelewatin kesempatan terakhir hari itu. Aku sadar, kita bakal pisah lagi buat waktu yang gak sebentar. Aku bener-bener butuh lebih dari 24 jam buat bisa sama-sama kamu.

Baby, semua yang aku tulis disini baru sebagian kecil yang mau aku ceritain ke kamu. Ada banyak hal yang harus kamu tau, biar dengan hubungan ini, kamu bisa ngerti aku, aku juga gitu. Kita sama-sama belajar dewasa kan? Kamu tau, aku sayang banget sama kamu. Aku gak mau kehilangan kamu. Tapi ada satu yang harus kamu juga tau, aku gak mau kamu sama kayak sosok laki-laki yang paling aku benci dalam hidup. Baby, kamu punya hal untuk membenci atau menyayangi siapapun. Tapi kamu harus tau, ada banyak hal yang gak bisa dipahami karena kurangnya komunikasi. Dan aku gak mau, kita ada di bagian itu.

Makasih buat kencan keduanya, baby. Semoga bisa kencan terus sama kamu. Sampai hari dimana aku bener-bener bisa jadi milik kamu dan kita ga perlu nunggu sebulan buat ketemu.

Love you, baby.